7 Hal Favorit di Bulan Ramadhan dan Lebaran

19.16

Halo kawan, sebelum memulai lebih lanjut post ini, aku mau mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa untuk teman-teman yang menjalankannya, wah udah mau lebaran juga ya, ya udah sekalian ucapin,selamat Idul Fitri untuk kawan-kawan yang merayakan.

Ketika bulan puasa datang, meskipun tidak ikut merayakan secara tidak langsung ada beberapa hal yang menjadi favoritku, Mari aku tunjukkan satu persatu:

1.Surga Kuliner
Kuliner Ramadhan

Hal yang pertama, Di bulan puasa, jika menjelang waktu berbuka akan sangat banyak makanan atau minuman yang dijual, jalanan yang biasanya sepi pun niscaya akan menjadi macet karena ada "kampung ramadhan" dadakan. Dari jalan-jalan sekitar kos sampai kampung ramadhan di Suhat. Hal ini akan menjadi surga bagi para jajaners, mulai dari es buah, es campur, gorengan, sampai makanan berat tersedia. Tapi tahun ini belum sempat mampir kampung Ramadhan yang di Suhat, lihat keramaian orangnya aja suudah menurunkan semangat duluan hehe, jajannya di yang deket-deket aja deh.

2.Iklan Cerbung di TV
Aneka iklan cerbung Ramadhan

Kalau kita perhatikan baik-baik, jika sudah ada iklan sirup yang ada cerita bersambung nya, itu berarti bulan puasa sudah dekat haha. Kemudian mulai bermuculan iklan cerita bersambung lain, dari produk rokok sampai aplikasi messenger . Iklan-iklan itu menghadirkan cerita yang bagus dan inspiring . Secara tidak langsung aku jadi pengamat cerita-cerita ini , ini pasti efek kurang kerjaan liburan, Gapapa deh, daripada melakukan hal yang bikin panas(?) *loh

3.PPT
PPT (atas:Sinetron, bawah : profesi )

Selain itu program-program acara di bulan puasa juga makin banyak bermunculan, tapi ada satu program yang aku lihat mulai dari awal kemunculannya, program itu adalah PPT(Para Pencari Tuhan), Hal yang aku suka dari program ini karena ada banyak pelajaran yang bisa diambil dan nilai yang diajarkan bersifat universal, tidak untuk satu agama saja .Alur cerita sederhana, selera humor yang mudah dicerna dan acting para pemainnya yang natural, menambah kelengkapan sinetron Ramadhan ini. Itulah kenapa di bulan puasa seperti ini aku dan adikku (kami penggemar setia :p) menantikan kelanjutan sinetron ini.

Ada PPT lain yang kuamati, yaitu PPT(Para Pencari Takjil) Kerang Ajaib, lihat wajah mereka di gambar, ya mereka adalah teman-temans satu gengku di kampus, Mereka adalah kawan-kawan yang sangat religius, mereka menyediakan waktu untuk mendengarkan kultum di masjid Raden Patah UB, entah karena mereka benar-benar ingin mendengarkan ceramah atau lebih tertarik pada kupon untuk mendapat takjil dan makanan buka puasa gratis haha.

"Eh, jangan nuduh kami cuma cari gratisan ya Fron" ujar anak yang melihatku paling tajam di foto. 
"Iya-iya percaya deh" balasku dengan tersenyum.

4.Buka Bersama
Cari yang paling mempesona di bagian The Boys, itu aku hehe..

Bisa dipastikan momen bukber ini merupakan momen yang ditunggu tiap bulan puasa, mulai dari bukber teman TK sampai teman kuliah, biasanya bagi teman-teman ini bisa jadi ajang reuni dengan teman-teman atau malah reuni dengan mantan, ups. Tapi yang spesial dari bulan puasa kali ini,aku bukber sekaligus reunian sama teman-teman SD Kemala Bhayangkari 10 Porong, kami terpisah sudah 8 tahun, jadi memang terasa sekali "reuni"nya ketika kami ketemu. Gambaran yang kami tangkap masing-masing sebelum berpisah adalah gambaran ketika masih bocah-bocah di rekreasi SD,lalu ketika bertemu kemarin, kami muncul dengan perubahan fisik yang drastis, tapi ada juga yang tetap sama dari dulu, contohnya aku, dari dulu sampai sekarang masih tetep mempesona , iyain aja deh ya..

5.Mudik
Mudik, menahan "sumpek" sampai kampung halaman via blog.reservasi.com

Mudik di Indonesia adalah Tradisi yang memang memiliki nilai historis, semua orang sepertinya tahu kapan harus memulai dan kapan harus mengakhiri mudik. Awalnya, mudik merupakan tradisi primordial masyarakat petani Jawa bahkan sejak sebelum masa Kerajaan Majapahit. Saat pulang ke desanya para petani membersihkan kuburan leluhurnya.Tradisi pulang ke kampung halaman setahun sekali ini terus bertahan apalagi dengan adanya Idul Fitri atau Lebaran. Itulah sebabnya, mengapa kebanyakan masyarakat Jawa yang mudik selalu menyempatkan diri berziarah dan membersihkan kuburan keluarga dan leluhurnya yang telah meninggal. Tapi bagi aku sendiri yang tidak mudik, mengamati berita mudik adalah sensasi tersendiri buat aku. Mengamati laporan dari titik kemacetan, melihat antusiame para pemudik sudah bisa membuatku merasakan euforia mudik yang seru, Buat yang mau mudik, hati-hati di jalan ya kawan, Utamakan keselamatan  !!

6.Kumpul Keluarga dan THR
Sangu Lebaran via fifinng.blogspot.com

Karena aku tidak mudik, Hal yang aku lakukan pada libur lebaran adalah kumpul keluarga, biasanya kami mengunjungi Eyang di Surabaya. Di sana para sepupuku yang gokil sudah pasti akan mengajak melakukan banyak keseruan, nge Dubsmash misalnya, biar kekinian. Momen yang dinanti pastinya adalah ketika bagi-bagi sangu lebaran, jumlahnya lumayan lho,  Yeah, welcome fresh money :D

7.Toleransi
Indonesia Toleran via pgi.or.id

Hal terakhir yang aku suka adalah toleransi antar umat beragama yang makin terasa di bulan puasa ini. Sebagai seorang Kristen, aku menghormati teman-teman Muslim yang berpuasa, aku juga menjaga sikap agar tidak memancing emosi teman-teman, Umat muslim juga menghormati yang tidak berpuasa, banyak warung dan rumah makan yang masih buka namun dengan jam operasional yang sudah disesuaikan, biasanya di atas jam 12 siang, warung-warung mulai buka, sehingga kami tidak "dipaksa" ikut berpuasa. Melihat hal itu semua, membuat aku semakin yakin, bahwa kedamaian dan kerukunan sangat mungkin terjadi di Indonesia, jika kita melihat lebih jauh lagi, semua perbedaan agama, golongan dan kebudayaan ini merupakan kekuatan bangsa kita, Jika kutanyakan kepada kalian semua, Apakah kekuatan terbesar Indonesia? Jika aku boleh menjawab, jawabannya adalah Keragaman yang bersatu, ya, bukan yang dijadikan SATU tapi BERSATU

Itulah hal-hal yang menjadi hal favorit ku di bulan puasa dan lebaran, Apakah kamu punya versimu sendiri ? ceritakan di komentar ya :)

frondyff

You Might Also Like

2 komentar

  1. itu yang PPT kocak bener XD hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya profesi favorit tiap bulan puasa :v

      Hapus