Kisah Perjuangan Rekrutmen GPTP 7 Telkom Indonesia [Part 1]

16.05

Hello teman-teman, berapa banyak dari kalian yang ke tulisan ini karena ingin mempersiapkan untuk tes GPTP?
Tenang saja, aku juga seperti kalian ketika mempersiapkan dulu. Semoga catatan ini bisa melengkapi pengalaman dari kakak-kakak ataupun teman-teman yang pernah menulis tentang pengalaman rekrutmen GPTP Telkom. Rekrutmen yang dilakukan dari tahun ke tahun pasti ada perubahan, dalam hal ini aku cuma memberikan gambaran saja berdasarkan pengalaman yang aku alami.
Yaps, seperti yang teman-teman tahu, GPTP Telkom adalah program rekrutmen dari PT Telkom Indonesia untuk memilih insan-insan terbaik sehingga bisa bergabung membangun Indonesia di bidang digital. Kebetulan juga aku menulis ini ketika GPTP 8 Telkom sudah dibuka untuk yang jalur web.
Batas akhir sampai 31 Juli 2018 guys, jangan sampai kelewat

Perlu teman-teman ketahui juga  bahwa di GPTP 7 Telkom, jalur rekrutmen yang dibuka ada macam-macam, yang pertama ada jalur web (2 gelombang), talent scout dari kampus-kampus yang Telkom pilih, dan AMTP (Account Manager Trainee Program). Aku sendiri masuk jadi bagian GPTP 7 Telkom melalui jalur web gelombang 1.

Kisah ini dimulai dari aku yang baru saja yudisium di Agustus 2017. Sebagai fresh graduate yang masih bingung menentukan akan menerapkan ilmu dimana, aku mencoba apply lamaran kerja secara acak ke beberapa tempat hitung-hitung untuk latihan buat CV dan cover letter. Hal itu aku lakukan sambil terus menunggu kapan rekrutmen GPTP Telkom ini dibuka. By the way, aku sudah mengincar cukup lama lho untuk bisa ikut rekrutmen GPTP Telkom ini, bahkan di batch sebelumya aku sudah bergabung di (semacam)grup persiapan belajar gitu. Terlihat ambisius. Memang hehe. Namun saat September akhirnya pengumuman rekrutmen batch VII dibuka, membaca pengumumannya saja aku udah ngerasa seneng sih, "Tidak lama lagi", itu gumamanku pada diri sendiri. Entah darimana aku merasa punya feeling bagus soal rekrutmen Telkom kali ini.

PERSIAPAN TAHAP ADMINISTRASI

Tidak butuh waktu lama aku langsung melengkapi data diri di web rekrutmen telkom (rekrutmen.telkom.co.id). Tapi untuk saat itu aku belum langsung submit karena aku akan menunggu ijazah sekalian yang akan aku upload, padahal SKL juga udah diperbolehkan. Hmm.. Perfeksionis. Mungkin. Untuk teman-teman yang sedang daftar silahkan bookmark rekrutmen.telkom.co.id ini ya. Selama tahap rekrutmen, alamat ini akan menjadi alamat keramat yang membuat jantung berdebar ketika dibuka, segala pengumuman tahap berikutnya, siapa saja yang lolos akan muncul disini juga jadi siapkan saja shortcutnya. 

Untuk bisa lolos tahap administrasi, teman-teman harus mempersiapkan data-data yang dibutuhkan dengan lengkap. Perhatikan ketentuan yang dibutuhkan, isi dengan jujur formulir yang ada. Upload juga data pelengkap seperti foto, foto seluruh badan, akte, sertifikat TOEFL dan sertifikat penunjang lainnya. Pada web itu juga biasanya disediakan FAQ untuk bisa teman-teman pahami. Kalau masih bingung bisa tanya juga ke grup telegram @telkomcareer yang kurasa juga cukup membantu, karena biasanya masih ada senior-senior yang lolos GPTP 'berkeliaran' disana hehe. Be Smart ya, jangan tanyakan lagi yang sebenarnya jelas-jelas sudah ada pada peraturan.

Singkat cerita, aku baru submit ke lowongan yang terbuka(lowongan GPTP 7) pada tanggal 18 Oktober 2017, 2 hari menjelang penutupan. Lebih baik kalau udah lengkap segera submit saja ya kawan-kawan, jangan tiru aku yang suka mempet-mepet hehe. Di masa penantian, aku masih tetap coba apply ke tempat lain sambil menunggu hasil seleksi tahap administrasi. Maksudnya sekalian aku latihan soal TPA gitu di beberapa tes instansi .Berita itu kemudian datang tanggal 29 Oktober 2017, di web rekrutmen, terpampang daftar nama yang lolos administrasi dan berhak mengikuti tes online. Puji Tuhan namaku ada diantara 7519 nama peserta lolos.

Lalu, sesuai dengan arahan email, para peserta diharuskan melakukan Data Confirmation di tanggal 31 Oktober 2017, hal ini digunakan untuk memeriksa koneksi dan perangkat kita agar lancar dalam mengikuti tes online nanti. Pasti ada himbauan untuk tidak berganti koneksi dan perangkat untuk keesokan harinya(saat tes online), hal ini bertujuan untuk memastikan saja agar koneksi stabil, singkatnya, jika sudah bisa lancar melakukan Data Confirmation maka pasti bisa lancar melakukan tes online. Aku waktu itu memilih menggunakan koneksi Wifi.id di salah satu Wifi Corner Telkom di daerah asalku, lumayan tempatnya waktu itu agak sepi, jadi bisa lebih tenang dan nyaman, sebenarnya bisa lebih nyaman bisa mengerjakan di rumah sih, cuma waktu itu firasatku mengatakan aku harus mengerjakan di situ hehe. Intuisiku sedang kuat sepertinya masa-masa itu. 

TES ONLINE
Online test
(source: freerangestock.com)

Sebelum menghadapi tes online pastikan kalian sudah pada koneksi yang stabil, jangan buka tab yang lain dulu agar soal yang muncul nanti bisa lancar. Pengalaman yang aku alami kemarin, meskipun para peserta tes online sudah dibagi-bagi dalam jadwal tertentu, ternyata ada beberapa tantangan yang muncul. Misalnya saat berpindah ke section berikutnya, kadang waktu yang dubutuhkan agak lama, waktu itu aku juga sempat panik, takut jawaban yang aku jawab tidak tersimpan, tapi sebenarnya cara terbaiknya adalah ditunggu saja ya teman-teman, kalau memang udah 'mulai keterlaluan' lamanya coba refresh saja, intinya tetap tenang dan jangan panik. Biasanya di grup telegram Telkom Career (jika kalian bergabung) ada peserta tes yang juga mengalami hal seperti itu, jangan terpengaruh akan kepanikan orang lain, tetap berdoa dalam hati agar lancar dan berpikir positif bahwa kalian pasti bisa menyelesaikan dengan lengkap, tetap fokus pada soal-soal yang akan muncul.

1 November 2017, bagian pertama tes online adalah TPA Dasar, aku mendapat jadwal dari jam 09.30 - 11.15, artinya durasi tes ini sepanjang 105 menit. Teman-teman akan dihimbau untuk bisa standby setengah jam sebelum dimulai. Saranku teman-teman langsung login saja pada link yang sudah diberikan, beberapa teman mengalami kendala susah login ketika mulai mendekati tes, jadi lebih amannya kalian punya space waktu khusus untuk sudah standby sesuai jadwal persiapan yang ada.

Jika ingatanku tidak ingkar(ceileh bahasanya wkwk), ada beberapa bagian yang diujikan di hari pertama seperti : Antonim, Sinonim, Aritmatika, Analisis, Bangun Ruang, Deret Angka dan lain-lainnya. Kalau aku kemarin sih berlatih soal deretnya, karena kata orang-orang yang sudah pernah ikut tes rekrutmen ini sebelumnya, soal deret di rekrutmen Telkom paling sulit dikerjakan, jadinya aku sering latihan khusus untuk menghadapi ini. Dan ternyata, saat tes berlangsung soal deret yang muncul...... emang beneran sulit hehe, padahal bagian deret adalah soal favoritku di tes TPA apapun lho, tapi kali ini lebih baik kalian juga persiapan ya untuk jaga-jaga. Hari pertama berlangsung cukup lancar, diwarnai beberapa kali perpindahan section yang lama dan sempat halaman tidak mau load. Ada beberapa soal yang tidak kujawab juga karena memang waktunya tiap section singkat, perhatikan time management juga ya kawan-kawan. Begitu ada soal susah, skip dulu, cari point di soal-soal yang mudah, jika ada waktu lagi kembali ke soal sudah tadi, ini tips standar dan klasik sih, tapi memang begitu adanya.

2 November 2017, hari kedua tes online rekrutmen GPTP 7 Telkom. Hari kedua kali ini ada Tes Background Keilmuan(Knowledge Assesment) dan Bahasa Inggris(English Ability Test). Aku mendapat jadwal Knowledge Assesment jam 09.30 - 10.00 dan English Ability Test jam 14.00 -15.30. Fun fact-nya , entah disengaja atau tidak, jadwal ini berbeda dengan yang aku terima di email, seharusnya di email memang English Ability Test duluan, tapi kemudian yang diujikan duluan adalah Knowledge Assesment, aku baru tahu dari teman-teman tes yang dapat jadwal lebih pagi. Lumayan kaget sih, karena rencananya waktu itu di sela-sela menunggu jadwal berikutnya aku mau baca-baca materi sebentar untuk yang Knowledge Assesment hehe, tapi ternyata aku sudah dilatih untuk menghadapi dinamika yang terjadi wkwk. Well done, Telkom sebuah pembelajaran hidup. Tetap waspada juga ya guys, siapa tahu ada kejadian kayak gini lagi.

Masuk ke materi tesnya, karena aku memilih bidang (INF) tentu saja materi yang kupelajari tentang keilmuanku, meliputi pengetahuan istilah dasar, Basis Data, Siklus Pembuatan Software, Jaringan, Komponen-Komponen Komputer, Big Data ini soal yang aku ingat sih. Baca-baca lagi saja materi-materi kuliah kalian. Untuk bidang lain juga bisa menyesuaikan belajar sesuai bidang yang dipilih, apalagi di GPTP 8 ini sudah ada sesuai bidang pekerjaan ya, nah itu coba kalian persiapkan juga. Waktu itu untungnya adalah soalnya berupa pilihan ganda, setidaknya masih bisa mengira-ngira jawaban yang muncul. Tipsnya masih sama, manajemen waktu, Soal bidang INF GPTP 7 kemarin ada 25 soal yang harus dikerjakan dalam durasi 30 menit.

Sembari menunggu waktu tes, aku membuka bekal yang kubawa dari rumah, hanya roti, snack ringan dan kopi dalam kemasan saja, tapi itu cukup untuk membuat otakku masih bekerja normal. Tips berikutnya jangan sampai kalian kelaparan dan kehausan teman-teman, keuntungan tes online adalah ga ada pengawas yang melarang kalian makan dan minum selama tes hehe, jadi biarkan otak kalian mendapat asupan yang cukup untuk berjuang.

English Ability Test guyss, persiapan...
(source : fluentu.com)
Bagian berikutnya adalah English Ability Test, Menurut pengalaman beberapa orang katanya susah, padahal juga tidak se-menyeramkan apa yang orang lain katakan kok guys. Untuk seorang yang kemampuan bahasa inggrisnya biasa saja seperti aku, aku lumayan lancar dalam melewatinya. Tapi juga antara yakin tidak yakin hehe, Untuk soal reading-nya bacaannya panjang dan loncat-loncat question-nya, jadi saranku coba baca satu bacaan dulu kemudian skip question sampai ketemu question yang sesuai bacaan awal yang tadi kamu baca. Untuk teman-teman yang malas baca dalam bahasa inggris coba dilatih ya, karena ini yang akan menyita waktu panjang. "Ah males nih baca panjang-panjang", "Ya..., tapi ini Telkom loh, perjuangin lah", itu adalah percakapan yang sempat muncul di otakku waktu mengerjakan. Seriously, harus membiasakan dengan bacaan panjang guys. Kemudian untuk  section General Vocab, Business Communication dan Grammar Check mirip-mirip soal TOEFL biasa sih. Tapi levelnya sedikit di atas TOEFL ITP dan harus dikerjakan dalam total durasi 90 menit, tiap section ada waktunya sendiri-sendiri jadi tidak terusan 90 menit, hampir sama seperti di hari pertama.  Hari kedua tes online akhirnya selesai. Perasaan lega dan berserah menjadi sikap yang aku pilih waktu itu. Setelah tahap ini aku tinggal menunggu untuk pengumuman tahap selanjutnya.

Cerita tahapan kedua akan berlanjut di postingan berikutnya ya, aku akan cerita tentang Tahap Kedua dari rekrutmen GPTP Telkom(Interview Online, Essay, dan Surat Rekomendasi). Intinya sembari menunggu tetap dikuatkan doanya guys. Tenyata terlepas dari semua itu, aku berhasil sampai menjadi GPTP 7-ers berkat doa banyak orang, jadi rekrutmen kali ini juga benar-benar melibatkan pengalaman spiritualku.

Oh iya, spoiler untuk postingan berikutnya, ternyata rasio yang lolos dan tidak lolos hanya 1:18, Wow!! Bagaimana tahapan selanjutnya ? 
Silahkan ditunggu postingan berikutnya.

Yang pernah mengalami proses yang sama,
Frondy.

Masih merasa bingung ? Ada para pejuang yang sama yang pernah coba beberapa kali ?? 
Tulis di kolom komentar kisahmu dan pertanyaanmu 

Baca Part 2 disini

You Might Also Like

30 komentar

  1. Buka google niatnya mau cari bahan latihan untuk gptp tgl 9-10 nanti, gak sengaja baca tulisan ini dari bagain 1-3 sangat menginspirasi untuk berjuang sukses sama seperti mas frondy. Oiya bisa kirimkan juga contoh essay yg dibuat, sebagai bahan referensi saya nanti kirim ke cyndonasa@gmail.com ya. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. setelah membaca pengalaman mas, sangat memotivasi dan menginspirasi saya agar lebih semangat. Btw saya juga mau contoh essay yg mas buat, bila mas berkenan bisa dikirim ke rifqi.rasyad@gmail.com
    Terimakasih telah menshare pengalamannya

    BalasHapus
  4. Terimakasih banyak mas atas sharingnya ✌️😁 jika boleh, saya mohon bisa di share contoh essay dari mas, dikirim ke haqproject@gmail.com. Terimakasih banyak mas atas bantuannya

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas cerita pengalamannya yang membuat saya tambah semangat untuk menjalani test pada 3 hari kedepan. Jika diperkenankan, saya ingin meminta contoh essay dari kakak yang bisa dikirim ke ditanurfs@gmail.com // Terimakasih Banyak!

    BalasHapus
  6. Setelah membaca pengalaman kamu, saya jadi makin semangat belajar untuk test.
    Kalau mas mengijinkan, boleh di share contoh essay nya gimana? Makasi mas sebelumnya.
    Kirim ke email syafiraannisa1997@gmail.com yaah.
    Makasi banyak mas🥰

    BalasHapus
  7. Thank you for sharing kak. If you don't mind, please kindly share your essay as my reference to dwiamini23@gmail.com

    BalasHapus
  8. Terimakasih mas atas cerita pengalaman nya, saya tiga hari kedepan akan mengikuti test ini, kalau mas mengijinkan saya melihat essay nya sebagai referensi boleh dikirim ke pardedeesteria87@gmail.com terimakasih banyak sebelumnya mas Frondy 🙏

    BalasHapus
  9. Terimakasih sharing nya Mas Frondy. Inspiratif sekali dan wawasan saya jadi terbuka akan tahapan test GPTP Telkom.
    Saya jadi semangat belajar dan berlatih untuk persiapan test besok. kalau tidak keberatan boleh share contoh essay nya ke email saya juga ya mas di denishatrihap@gmail.com.

    Terimakasih ya mas sebelumnya. Sukses Selalu mas.

    BalasHapus
  10. terima kasih mas atas sharingnya, Kalau tidak keberatan boleh di share contoh essay mas ke stephanieclaudia68@gmail.com mas sebagai referensi. Terima kasih mas, sukses selalu

    BalasHapus
  11. Wah sangat menginspirasi saya yang sedang ikutan. Kalau tidak keberatan apakah saya boleh melihat essay mas nya untuk referensi saya? ke nurulfitriani39@gmail.com . Terima kasih sebelumnya atas infonya, semoga mas nya sukses selalu

    BalasHapus
  12. Terimakasih mas atas sharing pengalamannya. Kebetulan saya juga ikutan tes GPTP dan semakin termotivasi untuk lebih semangat menjalani tes demi tes. Kalau tidak keberatan bolehkah dishare contoh essaynya ke email saya andikasatriab97@gmail.com sebagai bahan referensi saya.
    Sekali terimakasih, dan sukses untuk karirnya

    BalasHapus
  13. Sungguh memotifasi, jika berkenan bolehkah saya minta contoh file essaynya fajartama776@gmail.com

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum.. kaka maaf boleh minta contoh file essay ya gak? Hehe
    Kirimin ke email ku yaa @dewinurmalita24@gmail.com
    Karna aku senin tgl 20 besok aku tes buat ada gambaran.. trimakasih salam kenala hehe

    BalasHapus
  15. Pagi kakak,makasih cerita inspirasi nya kbtulan tgl 20 besok tes online awal,,doain smoga sprti kaka,, kaka boleh minta contoh essaynya,kalau boleh tolong kirim ke email elystrasws@gmail.com, makasih kaka,sukses truss😊

    BalasHapus
  16. Pagi ka, Terimakasih ka atas sharingnya sangat memotivasikan saya. Kalau tidak keberatan apakah saya boleh melihat essay mas nya untuk referensi saya? Ke margianggi19@gmail.com . Terima kasih sebelumnya atas infonya, semoga kaka sukses selalu

    BalasHapus
  17. Siang kak, Thanks kak atas sharingnya sangat informatif. Kalau tidak keberatan saya boleh melihat essaynya kak untuk referensi saya? Ke irfan280596@gmail.com .Terimakasih sebelumnya atas infonya, semoga sukses selalu kak

    BalasHapus
  18. Siang kak, Terimakasih kak atas sharingnya sangat informatif bt saya. Kalau tidak keberatan apakah saya boleh melihat essayny kak untuk referensi saya? Ke irfan280596@gmail.com . Terima kasih sebelumnya atas infonya, semoga kakak sukses selalu

    BalasHapus
  19. Selamat siang kak
    Terima kasih atas tulisan yg sangat menginspirasi dan menjadikan motivasi untuk saya dan orang banyak. Doain ya kak bisa lulus seperti kakak. Kebetulan saya juga mengikuti tes online tgl 20 januari 2020.saya harap kakak berkenan untuk memberikan essay kakak kepada saya. Kalau boleh tolong kirim ke @khoirunnisa.pane14@gmail.com. terima kasih kak. Semoga kita sukses.aamiin

    BalasHapus
  20. Selamat malam kak, terimakasih kasih banyak tulisan kakak sangat menginspirasi dan bermanfaat bagi saya. Kebetulan saya besok tanggal 20 mau tes online, kalo boleh berkenan apakah saya boleh melihat essay kakak sebagai referensi. Terimakasih kak semoga sukses kakak nular ke saya, hehehe. Nuhun

    BalasHapus
  21. Hallo selamat malam kak. Terimakasih banyak atas sharingnya, tulisan kk sangat bermanfaat^^ mohon izin untuk liat essay kk kemarin, jikalau berkenan tlg kirim ke email saya kak auliaannisa31@gmail.com , semoga bisa belajar banyak dari kk dan lulus di tahap selanjutnya. Sukses terus kak.

    BalasHapus
  22. thank you for sharing kak frondy, kalau tidak keberatan boleh share essay nya untuk referensi di naililizza@gmail.com ^^ sukses selalu kak

    BalasHapus
  23. Kak misal pas tahap confirmasi data jaringan keputus pas belum selesai tes apakah ttep bisa lanjut ke tes yg hari ke 2?

    BalasHapus
  24. Thanks infonya yaa kaaa, kalau boleh buat referensi izin share essay nya ka ke daraincamr@gmail.com . Bigthanks kaaaaaa

    BalasHapus
  25. Kalau kelewatan data confirmation masih bisa tidak ikut tes selanjutnya?

    BalasHapus
  26. Mas ini sangat menginsfirasi ...mas kalo boleh minta ke tantannuryaman156@gmail.com ...makasih mas

    BalasHapus
  27. Numpang sharing jugaa utk pengalaman test kuu semoga bermanfaat :) https://youtu.be/3D5YXX84XE0

    BalasHapus
  28. Numpang sharing jugaa utk pengalaman test kuu semoga bermanfaat :) https://youtu.be/3D5YXX84XE0

    BalasHapus
  29. Terimakasih sudah berbagi lowongannya, semoga blognya semakin maju dan ramai pengunjung. Salam kenal dari saya admin website lowongan kerja aceh

    BalasHapus
  30. Terimakasih mas telah membagikan pengalamannya, sangat menginspirasi! Apakah saya boleh meminta file essaynya mas? Kalau boleh email saya yafi.fp@gmail.com terimakasih

    BalasHapus