Tahap Akhir Rekrutmen GPTP 7 Telkom [PART 3-end]

22.35

Jika sudah sampai tulisan ini teman-teman kemungkinan sudah membaca bagian 1 dan bagian 2 dari seri pengalaman rekrutmen GPTP Telkom, jika belum coba cek link ini 

Pengumuman peserta yang lolos di tahap akhir datang di pertengahan Desember, jika merujuk pada pengumuman di website rekrutmen ada sekitar 293 peserta yang lolos hingga tahap akhir. Lagi-lagi aku bersyukur karena bisa sampai di tahap ini, sekarang tinggal selangkah lagi untuk memastikan tempat menjadi GPTP-ers. 

Beberapa hari kemudian email pemberitahuan masuk, email itu berisi tanggal dan tempat tes untuk 'Assessment Day'. Aku mendapatkan jadwal 22-23 Desember 2017, tepat sekali dengan hari ibu, sebuah tanggal yang gampang diingat seandainya aku lolos nanti hehe (udah yakin aja yakk wkwk). Untuk Assessment Day ini terdiri dari beberapa rangkaian, diantaranya adalah : psikotes, focus grup discussion (FGD), tes bidang, panel interview dan tes kesehatan. Di hari penentuan aku datang 1 jam sebelum tes dimulai, ternyata sudah banyak datang yang lebih pagi hari itu, luar biasa semangat para peserta. Sebelum masuk ke ruangan kami melakukan verifikasi data dengan menunjukkan dokumen asli persyaratan. Disana aku berjumpa dengan beberapa teman dari fakultasku, yess aku jadi punya teman untuk meredakan ketegangan. Jangan lupa sarapan yaa teman-teman, hal ini perlu banget karena 'Assessment Day' ini akan jadi hari panjang yang melelahkan haha.
Yuk langsung saja kita bahas satu persatu materi tesnya :)

Psikotes
Di bagian ini terdiri juga dari beberapa subbagian, ada tes WARTEGG (menggambar delapan kotak), kemudian Draw A Tree(DAT) dan Draw A Person(DAP), untuk bagian psikotes ini tipsnya sepertinya sudah banyak tersebar di internet, cuma waktu sebelum tes, fasilitator mengingatkan para peserta untuk jujur dalam menggambar, dalam artian sesuai apa yang ingin digambar bukan apa yang menjadi referensi gambar.-gambar yang ada di internet. Cobalah untuk tetap menggambar dengan apa yang saat itu di pikiran kalian guys, yang penting kalian yakin. Aku  pribadi sudah pernah mengalami subbagian ini beberapa kali dan yang aku gambar kurang lebih sama hehe.

Subbagian berikutnya adalah Tes Pauli (Tes Koran), tes ini sebenarnya mudah, tapi capek hehe, melakukan penjumlahan dan hanya menulis satuan sebagai hasilnya itu mudah, tapi jika dilakukan dalam waktu satu jam akan sangat lelah bukan, dalam hali ini aku juga baru pertama kali mengikuti tes Pauli,  Dari referensi yang aku baca, tes ini ingin melihat kestabilan dan ketahanan seseorang, Di rumah aku berlatih menghitung kecepatan rata-rata aku menjumlahkan angka, sehingga strategiku diawal-awal adalah menghitung dengan batas target yang ringan-ringan saja misal hanya 15 baris dalam 1 menit, karena semakin ke belakang daya konsentrasi kita bisa menurun dan tangan juga terasa pegal bagi yang tidak terbiasa menulis cepat dan lama. Tipsnya adalah menetapkan target di awal-awal dengan bijaksana agar di akhir-akhir tidak keteteran. Coba fokus juga pada lembar kerja sendiri, jangan perhatikan orang lain yang sudah berganti berlembar-lembar, jadilah teliti jangan sampai ada yang terlewat atau terlompati.

Tes Bidang 
Biasanya ini tidak ditulis di email ya, tes bidang untuk INF (Informatika) terdiri dari 10 soal esai yang harus dijawab, komposisi soal cukup umum beberapa materi yang keluar (seingatku ) adalah micro service, OSI Layer, Agile Development, bentuk Join Database, Komponen CPU, Database vs Datawarehouse, DevOps, dll
Teman-teman yang ambil bidang lain mungkin bisa pelajari materi semasa kuliah lagi. Untuk GPTP 8 yang langsung dibagi berdasarkan job function kemungkinan juga akan ada tes bidang lanjutan lagi, jadi dipersiapkan saja ya sebagai antisipasi. Aku waktu itu juga sudah mempersiapkan untuk belajar karena sebelumnya baca-baca blog yang juga sharing soal tahapan seleksi GPTP

Focus Group Discussion(FGD)
Suasana FGD
(source : unsplash.com)

FGD ini menjadi rangkaian di seleksi GPTP 7 setelah di batch sebelumnya yang diujikan adalah Business Game. Karena sudah beberapa kali ikut FGD, aku sudah punya cukup gambaran tentang apa yang akan terjadi nanti, Aku mendapat jadwal untuk FGD di sesi kedua, kelompokku terdiri dari 6 orang yang berasal dari berbagai universitas, aku sekelompok juga dengan kakak tingkatku, mas Hanif yang mana membuat pressure yang aku rasakan menurun karena setidaknya ada yang aku kenal. Bahan diskusi kemudian dibagi dalam selembar kertas, seingatku problem yang harus kami selesaikan tentang permasalahan di dunia kerja. Jauh sebelum diskusi dimulai, sebenarnya kami punya semacam kesepakatan tidak tertulis bahwa kami semua harus punya kesempatan bicara yang sama dan meraih kesepakatan sesegera mungkin karena terbatasnya waktu. 

Saat pembicaraan berlangsung, terlihat ada 2 orang yang cukup dominan, sehingga aku memilih untuk menjadi si "highlighter", yaitu dengan menambahkan beberapa hal yang kurang dan mencoba membuka beberapa sisi pandang baru untuk permasalahan. Kelompok kami berhasil mencapai kesepakatan bersama untuk solusi, aku juga menilai bahwa setiap orang dalam kelompok juga sudah menyampaikan argumen dengan "merata". Tapi dari sekian rangkaian yang aku alami, FGD ini yang membuat aku merasa kurang yakin, mungkin karena di FGD yang pernah aku ikuti sebelumnya, aku mengambil peran sebagai si inisiator hehe, sementara sekarang hanya sebagai si highlighter. 

Tips yang bisa aku bagikan adalah teman-teman sebisa mungkin untuk dapat mengenal teman sekelompok FGD nanti, setidaknya bisa mengingat nama dan tahu background singkat agar nanti ketika diskusi berlangsung tidak terlalu tegang dan kaku, aku juga sempat melakukan analisa kepribadian  ala-ala ketika berkenalan dan mengobrol, sehingga aku sedikit mengetahui tipe gaya bicara teman satu kelompok, itulah juga akhirnya yang membuat aku memutuskan untuk menjadi si highlighter, karena aku melihat sudah ada dua orang yang dominan dalam kelompok, kalau aku memaksakan menjadi si "dominan" juga, kesepakatan tidak akan tercapai. Berikan ide atau argumen yang memberi insight, hargai lawan bicaramu dan kuasai diri dalam diskusi, itu mungkin tips yang bisa merangkum apa yang harus dilakukan di bagian FGD ini. Kelak beberapa teman sekelompokku di FGD ini juga ada yang lolos menjadi bagian GPTP 7, diantaranya ada Nadia, Tiwi dan Friska. (kelihatan sih mereka pas kasih argumen memang luar biasa cerdas, nih ya aku special mention dipost ini guys kalian wkwk ). 

Interview Panel
Deg-degan mau interview
(source :unsplash.com)

Kali ini tiba di interview panel, aku mendapat jadwal setelah makan siang jadi aku mengisi waktu dengan mengobrol dengan teman-teman seperjuangan tes, tenang saja konsumsinya sudah ada kok bahkan beberapa teman yang dari luar kota juga transportnya diganti oleh tim rekrutmen Telkom, jadi yang tidak bawa bekal tetap aman-aman saja. Satu jam berlalu setelah jam istirahat makan, namaku dipanggil untuk bersiap-siap, ruangan 3-C aku masih ingat sekali, ruangan ini menjadi ruangan untuk para peserta bidang INF. Aku memasuki ruangan sambil berdoa dalam hati, aku dipersilahkan duduk oleh ibu-ibu yang sepertinya psikolog, hal itu cukup beralasan karena terlihat di depannya ada berkas gambar yang aku kerjakan saat psikotes tadi. Dua orang yang mengapit ibu tadi ada pak User dan yang  bapak yang mewakili HR.

Interview dibuka dengan aku yang dipersilahkan untuk minum dulu agar bisa lebih nyaman, wah ternyata ibu psikolog ini sangat peka ya, tahu saja kalau aku memang ingin minum untuk meredakan deg-degan. Setelah melihat berkasku, ibu psikolog dan pak HR memintaku untuk memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Lalu mulailah pak User membaca berkasku dan memulai pembicaraan dari skripsi yang aku buat, hampir mirip seperti wawancara online sih, lalu beliau kembali bertanya kira-kira bagaimana jika skripsi yang aku buat ini diimplementasikan di Telkom, kira-kira akan masuk dimana dll. Lalu sekarang yang giliran bertanya adalah pak HR, beliau bertanya mulai bertanya tentang keluarga, kehidupan masa kuliah, kegiatan selama kuliah dan manajemen waktu , pertanyaan seakan mengalir dan aku juga menikmati cerita yang aku bawakan. Lalu sedetik kemudian pak HR memberikan ku studi kasus tentang masalah dalam dunia kerja, seingatku waktu itu dengan pertayaan tricky, jika atasanmu bersikap tidak benar dan kamu tahu itu apa yang kamu lakukan, mengikuti perintah atau memberikan sikap yang lain. Aku menjawabnya sebisaku dengan memberi contoh yang sederharna. Sepertinya pak HR mengambil porsi yang cukup besar dalam interview ini, beliau bahkan meminta ijin kepada ibu psikolog dan pak User untuk menambah satu pertanyaan lagi kepadaku. Dalam benakku itu kabar bagus, artinya aku bisa menarik perhatian dari pak HR. Lalu, ibu psikolog mulai bertanya, karena menurut beliau pertanyaan yang ingin diajukan sudah ditanyakan oleh pak HR maka ibu psikolog beralih ke pertanyaan lain, Beliau bertanya soal apakah aku bersedia ditempatkan di wilayah manapun dan unit apapun, sebuah pertanyaan komitmen yang harus dijawab dengan bijak hehe.

Ketika sesi akan berakhir, pak HR yang kemudian aku ketahui punya akun ig dwikiansantang(kami masih saling follow, pak Dwi jika baca ini, Pak Dwi keren pak, interviewnya membekas di benak saya) bertanya soal apa kekurangan terbesarku. Karena melihatku yang agak berpikir, beliau langsung nyeletuk "Apa mas? kekurangannya jomblo yas mas" sambil tertawa,  buset emang kelihatan banget ya dari muka, dalam hati aku agak membatin, tapi aku cuma bisa ketawa aja, menertawai nasib wkwk. setidaknya itu bagus untuk mencairkan suasana. Setelah terjawab, Pak Dwi mengambil laptopnya dan menanyakan media sosial ku yang paling aktif apa. Aku menjawab Instagram, karena memang follower terbanyak ada di ig sih, eh ternyata di search beneran dong, foto-fotoku dilihat satu-satu, sambil ada yang di-like, Pak Dwi pun menanyakan apakah aku hobi travelling, aku cuma menjawab "Kalau diajak saja pak, solo travelling tidak pernah" jawabku. "Wah nanti kalau misal lolos, kabar-kabar ya mas" kata pak Dwi lagi. entah bagaimana aku merasa itu sebuah tanda positif banget sih. Sesi diakhiri dengan penandatanangan surat pernyataan untuk siap ditempatkan dimana saja dan aturan-aturan yang harus diikuti jika nanti lolos. Aku bersalaman dengan tiga orang interviewer kemudian keluar dari ruangan dengan lega, setidaknya aku sudah bisa "menjual diri" dengan maksimal di dalam tadi. Ketika sudah keluar beberapa peserta bertanya kepadaku apa saja pertanyaan yang muncul di dalam, aku ceritakan saja semuanya. Waktu menjelang sore, ternyata kami masih mendapat snack, lelah juga ternyata guys, persiapkan fisik kalian juga ya guys, karena di Assesment Day ini segala kemampuan terbaik kalian akan di-explore dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Aku segera pulang untuk beristirahat karena keesokan harinya masih ada tes kesehatan.

Tes Kesehatan
Tes kesehatan, kalau sudah yakin sehat sepertinya tidak perlu takut
(source:unsplash.com)

Kami diminta untuk berkumpul di Yakes Telkom Surabaya pukul 06.00 WIB, kami pun mengambil nomor antrian. Untuk tes kesehatan ini kami diminta untuk berpuasa sejak jam 10 malam, hal ini bertujuan untuk mengambil sampel dari darah dan urin sebelum makan. Aku ada di antrian nomor 5 waktu itu, yang dilkukan pertama waktu itu adalah pengukuran tinggi badan dan berat badan, setelah itu berturut-turut pengambilan sampel urin dan darah. Setelah itu kami bergantian masuk ke ruangan-ruangan untuk melakukan berbagai macam tes, adapun tes yang dilakukan adalah tes mata, tes pendengaran, tes jantung, tes paru-paru dan cek fisik oleh dokter, sambil menunggu ruangan mana yang kosong kami mendapat konsumsi. Petugas kesehatan meminta kami untuk mencatat waktu kami selesai makan, karena 2 jam kemudian kami akan diambil sampel urin dan darah lagi. Sambil menunggu waktu pengambilan sampel berikutnya aku mengobrol dengan beberapa peserta lain. Setidaknya aku ingin mengenal dong beberapa calon rekanku nanti hehe(buset udah yakin banget aku wkwk). 2 jam berjalan akhirnya tiba saat pengambilan sampel terakhir, tes kesehatan berjalan lancar. Tips di tes kesehatan ini kalian bisa persiapkan seminggu sebelum tes dengan pola hidup sehat guys, berolahraga sedikit buat yang jarang banget olahraga, minum ar putih yang cukup, makannya yang normal-normal aja, jangan yang memicu koleterol tinggi hehe. Setelah semua selesai aku segara pulang, aku telah menyelesaikan bagianku, aku berserah penuh untuk apapun hasilnya.

Kabar yang datang bersama angin
Pengumuman untuk peserta jalur web gelombang 1 terhitung lama, karena panitia rekrutmen juga disibukkan dengan rekrutmen jalur web gelombang 2 dan jalur talent scout. Isu yang datang sih di awal Januari sudah diumumkan, tapi setelah bolak-balik cek website, pengumuman belum ada. Waktu berjalan dan mulai masuk ke pertengahan Januari, kabar itu tak juga datang, yang ada malah pengumuman untuk yang jalur web gelombang 2. Rasa harap-harap cemas terus hadir setiap saat, aku cuma bisa berdoa dan meminta doa dari orang-orang sekitarku. Isu beredar lagi di telegram Telkom Career bahwa pengumuman akan disamakan dengan yang jalur web gelombang 2, yang artinya pengumuman keluar bisa sebulan lagi. 

Tapi entah mengapa angin di tanggal 5 Februari 2018 berhembus berbeda, grup telegram Telkom Career mendadak ramai, katanya penetapan peserta GPTP 7 sudah keluar untuk jalur web gelombang 1. Aku membuka web rekrutmen dengan jantung berdegup tidak karuan. Setelah login aku melihat banner berkedip yang berisikan link "Penetapan Peserta GPTP 7 Jalur Web Gelombang 1", setelah aku masuk ke halaman daftar nama, aku langsung scroll ke paling bawah untuk mengetahui jumlah peserta yang lolos. Ternyata hanya 87 orang, sangat sedikit. Aku mencoba menegarkan hatiku untuk menerima apapun hasilnya, aku scroll pelan-pelan dari atas, karena pengumuman selalu urut abjad aku semakin tidak karuan ketika scroll mendekati huruf 'E', masuk ke huruf 'F' yang sekilas cuma sedikit hiks, tapi Puji Tuhan diantara yang sedikit itu ada nama lengkap beserta nomor tesku disana. Aku lolos. Aku terharu dan menangis saat itu, tidak ada seorang pun saat itu di rumah. Setelah berdoa mengucap syukur, aku ingin memberi kejutan untuk orang tuaku hehe, jadi pengumuman yang ala-ala Indonesian Idol gitu hehe. 

Ketika orang tuaku pulang, aku memasang ekspresi yang biasa saja(padahal dalam hati itu udah kayak mau loncat-loncat girang), hingga akhirnya aku menemukan saat yang tepat untuk bicara, aku bilang bahwa pengumuman sudah keluar, dan aku bilang bahwa perhitunganku meleset karena yang diambil cuma 87 orang sambil aku memasang muka sedih, ekspresi orang tuaku juga sepertinya sudah mengetahui bahwa hasilnya mungkin ke arah negatif, lalu statementku berikutnya," Pa, ma , cuma aku minta izin, bulan April nanti aku mau ke Bandung, karena namaku ada diantara 87 orang itu. Aku Lolos", aku lansgsung memeluk mereka, suasana emosional pun tak terelakkan, orangtuaku juga sangat senang hari itu. Yang pasti aku waktu itu lolos karena doa banyak orang, doa orang tua pasti, kerabat, kawan, para pemberi referensi, bahkan doa dari petugas SKCK di kantor kepolisian waktu itu. Sebuah kesempatan yang Tuhan berikan kepadaku untuk dimaksimalkan sebaik-baiknya.

Itulah post penutup dari rangkaian seri Seleksi GPTP Telkom, semoga bisa memberikan sedikit gambaran untuk teman-teman para pejuang GPTP. tiap tahunnya pasti ada yang baru, contohnya di GPTP 8 kali ini ada tugas membuat video untuk di submit. Jangan lupa untuk terus berdoa dan berusaha sebaok-baiknya kawan-kawan. Sampai jumpa di Telkom untuk membangun Indonesia.

Salam Solid Speed Smart !

Ditulis untuk menepati janji karena sudah lolos menjadi bagian GPTP,
Frondy

You Might Also Like

137 komentar

  1. bg boleh minta contoh essay yg pernah abg buat dulu pas ikot gptp 7
    email : shadri50@gmail.com
    mohon bantuannya bg

    BalasHapus
  2. Kak boleh minta contoh essay kakak waktu GPTP 7 kemarin?
    email: ineshaays@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  3. kak boleh minta essay kk yg pernah dibuat saat GPTP 7? semoga bisa saya jadikan referensi. ini alamat email nya : ayuambarwati29@gmail.com
    terimakasih :)

    BalasHapus
  4. Kak, boleh minta essay yg kk buat? Ini email saya halimadiah96@gmail. com

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. "....statementku berikutnya," Pa, ma , cuma aku minta izin, bulan April nanti aku mau ke Bandung, karena namaku ada diantara 87 orang itu. Aku Lolos", aku lansgsung ...."

    Keren banget tulisannya, Mas. Entah kenapa di bagian tulisan yang saya kutip di atas, saya ikutan seneng haha. Makasih buat sharing pengalamannya. Semoga bisa nambah pengalaman buat saya biar lolos juga di GPTP IX. Sukses terus, Mas Frondy.

    BalasHapus
  7. Selamat ya Mas sebelumnya udah lolos GPTP :) kalau boleh saya mau minta contoh essay Mas Frondy boleh kah? Email saya nadirafarhana@gmail.com. terima kasih :)

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas infonya mas, membantu banget. Mau tanya maswaktu Interview Panel pertanyaannya apakah seputar formasi yang kita apply juga mas? dan durasinya kemarin kira-kira berapa menit mas? mohon informasinya, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. Kak boleh minta contoh essay kakak waktu GPTP 7 kemarin?
    megawati.teknik@gmail.com
    terimakasih banya kak :)

    BalasHapus
  10. Terima kasih ya ka atas sharing pengalamannya.
    Kak boleh minta contoh essay waktu kakak GPTP 7?
    Melalui email saya: itafebri72@gmail.com
    Terimakasih banyak kaπŸ˜„

    BalasHapus
  11. Tak sengaja menemukan tulisan ini di beranda google ketika mencari referensi soal-soal untuk GPTP. Tulisannya sangat menginspirasi dan memberikan informasi yang sedang aku butuhkan sekarang. Terima kasih banyak atas tulisannya dari part 1-3 ini, Mas Fondy. Aku jadi makin bersemangat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti tahap 1 GPTP IX :)
    Sukses selalu, Mas Fondy.

    BalasHapus
  12. Kak boleh minta saat kakak? πŸ˜‚ Sebenarnya saya masih kuliah semester 1 . Tapi keinginan saya sudah tumbuh sejak sekarang. Semoga saya juga sukses seperti kakak aamiin. Kalau boleh. Email saya : reza10rama@gmail.com terimakasih ya kak. Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  13. Halo Mas terima kasih udah cerita pengalaman berharganya, saya boleh minta kirimin essaynya ga? emailnya: ilmanavarinda@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Buka google niatnya mau cari bahan latihan untuk gptp tgl 9-10 nanti, gak sengaja baca tulisan ini dari bagain 1-3 sangat menginspirasi untuk berjuang sukses sama seperti mas frondy. Oiya bisa kirimkan juga contoh essay yg dibuat, sebagai bahan referensi saya nanti kirim ke cyndonasa@gmail.com ya. Terimakasih

    BalasHapus
  15. Halo mas, terima kasih sudah berbagi pengalaman yg sangat berharga ya mas... Tulisannya sangat sistematis dan menggebu-gebu saat dibaca, kalau boleh saya ingin menjadikan esay nya sebagai referensi mas, apakah boleh?
    Ini email saya mas dinah.azizahjauharo@gmail.com siapa tau semesta mendukung saya juga kan mas? :)

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah jadi termotivasi bacanya mas, terimakasih mas udah sharing pengalamannya sangat bermanfaat, saya juga mau lihat essaynya mas untuk menambah referensi lilagln96@gmail.com terimakasih banyak

    BalasHapus
  17. Selamat ya kak. Sangat menginspirasi pengalamannya. Kalau boleh saya minta izin menjadikan essay kakak sebagai referensi tambahan saya kak. Ini alamat email saya kak sandiamohan15@gmail.com
    Makasih banyak

    BalasHapus
  18. Selamat ya kak. Sangat menginspirasi pengalamannya. Kalau boleh saya minta izin menjadikan essay kakak sebagai referensi tambahan saya kak. Ini alamat email saya kak sandiamohan15@gmail.com
    Makasih banyak

    BalasHapus
  19. Selamat ya kak. Sangat menginspirasi pengalamannya. Kalau boleh saya minta izin menjadikan essay kakak sebagai referensi tambahan saya kak. Ini alamat email saya kak sandiamohan15@gmail.com
    Makasih banyak

    BalasHapus
  20. Selamat ya kak, sangat menginspirasi banget pengalamannya. klo boleh saya boleh minta essay kakak buat referensi tambahan saya kak. Ini alamat email saya ka okywansista73@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  21. Mendadak terharu ketika membaca postingan ini. Apalagi pada part 3. Awalnya iseng doang sambil nunggu pengumuman GPTP IX.. Taunya nemu tulisan yang sangat menarik dan menjadi motivasi.
    Kalo boleh saya minta essay nya untuk jadi referensi saya. Ini alamat email saya jepriyantitambunan@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  22. Kisah yang sangat memotivasi saya, kalo boleh saya minta essay nya yang mas nya alami untuk jadi referensi saya. Ini alamat email sata bardabasofiraharja@gmail.com

    BalasHapus
  23. Saya termotivasi membacanya mas, semoga saya juga seberuntung kisah mas nya yang inspiratif ini. Kalo boleh saya minta essay nya yang mas nya alami saat seleksi untuk bahan referensi saya mas. Ini email saya bardabasofiraharja@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  24. niat aku buka laptop mau cari referensi
    malah ini yg pgn aku baca duluan
    oh yaa kak saya mau contoh essay nya :)
    email : fauziahumykulsum@gmail.com
    terimakasih kak sebelumya :)

    BalasHapus
  25. Hallo Kak, terima kasih atas sharingnya. Boleh minta contoh essay milik kka?
    email : srahayuputri@yahoo.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  26. Kak, ceritanya menginspirasi sekali πŸ‘πŸ‘. Kalau boleh bisa minta contoh essaynya kak? Ke: hannykusumaintani@gmail.com
    Terima Kasih

    BalasHapus
  27. Sangat menginspirasi sekali, niatnya cari info lowongan telkom taunya sampe kesini sangat tertarik dengan ceritanya. kalau boleh mau minta contoh essaynya kak? ke email riskagita0@gmail.com
    terimakasih banyak kak telah berbagi :)

    BalasHapus
  28. Mas Kalo boleh saya minta essay nya yang mas nya alami saat seleksi untuk bahan referensi saya mas. Ini email saya seleste44@gmail.com
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  29. Mengisnpirasi sekali mas
    Mas Kalo boleh saya minta essay nya yang mas nya alami saat seleksi untuk bahan referensi saya mas. Ini email saya joker_yusaromi@yahoo.com
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  30. Kak bisa minta essay nya? Apa tesnya sama dengan program fhciseleksi BUMN bersama? Email rendip27@gmail.com

    BalasHapus
  31. Mas frondy boleh bagi essay nya? Karna mungkin bisa jdi referensi utk tes di fhci bumn telkom :) email saya : yulandakurniasari02@gmail.com

    BalasHapus
  32. Mas terimakasih atas pencerahannya, bisa tolong minta essaynya kah ? tolong kirim ke ardofachrizal@gmail.com

    BalasHapus
  33. Permisi mas, terimakasih sudah share pengalamanya selama GPTP. Bolehkah saya tau essay mas frondy. quedi.zata@gmail.com Terimakasih banyak

    BalasHapus
  34. Selamat pagi mas
    Terimakasih sudah membagikan cerita luar biasanya ke kami semua
    Bisakah meminta tulisan essay dari mas
    ke quedi.zata@gmail.com

    BalasHapus
  35. selamat pagi, terima kasih atas cerita yang sangat menginspirasi. boleh gak minta contoh tulisan essay buat referensi agar bisa sukses rekrutmen. terima kasih sebelumnya. raga.fily21@gmail.com

    BalasHapus
  36. Selamat ya kak. Bermanfaat sekali ceritanya. Kak boleh minta essay yg kaka buat. Kalo boleh tlg kirim ke email saya ya kak rinardianni@gmail.com
    Makasih kak

    BalasHapus
  37. Permisi mas, terimakasih sudah share pengalamanya selama GPTP. Bolehkah saya tau essay mas frondy. Tlg klo boleh kirim ke rinardianni@gmail.com ya mas. Makasih

    BalasHapus
  38. Selamat malam, Mas Frondy.
    Saya Muhammad Imam Turmudzi yang kebetulan juga akan menjalani tes online.
    Membaca cerita Mas Frondy, saya merasa sedikit agak tenang dan terbantu.
    Jika berkenan bolehkah saya dikirimkan contoh essay Mas sebagai referensi? Alamat email saya di (m.imamturmudzi@gmail.com) Terima kasih banyak, Mas.

    Balas

    BalasHapus
  39. Selamat pagi Mas Frody
    saya terkesan sekali dengan cerita pengalaman anda menyelesaikan semua tahap tes untuk masuk ke Telkom anda luar biasa anda menginspirasi saya agar tetap gigih dan semangat apapun itu tes nya. jika berkenan apakah boleh saya meminta soal esaay yang mas Frody buat. sekiranya bisa dikirimkan ke alamat email: edisusilonugroho@gmail.com

    BalasHapus
  40. Selamat pagi Mas Frondy
    saya terkesan sekali dengan cerita pengalaman anda menyelesaikan semua tahap tes untuk masuk ke Telkom anda luar biasa anda menginspirasi saya agar tetap gigih dan semangat apapun itu tes nya. jika berkenan apakah boleh saya meminta soal esaay yang mas Frondy buat. sekiranya bisa dikirimkan ke alamat email: briansirait97@gmail.com

    BalasHapus
  41. Terimakasih ka udah share pengalamann seleksinya, sangat menginspirasi. Ka kalau berkenan boleh liat contoh essay yg kk buat? Mungkin bisa di email ke ilhampoppy@gmail.com
    Terimakasih.

    BalasHapus
  42. Kak boleh liat contoh profilnya. betsaidasaragih@gmail.com

    BalasHapus
  43. Halo kak, Terimakasih udah mau sharing pengalamannya. Jujur bacanya ikut degdegan karena saya juga ingin sekali bisa kerja di Telkom. Kalau kakak berkenan untuk share contoh essay sebagai referensi, bisa kirim ke atria_z136@yahoo.com
    Terimakasih dan sukses selalu

    BalasHapus
  44. Wah thank u so much bang udh mau berbagi kisah dan memberikan tips bagi kami yang mau menuju kesana. Oiya,boleh gak aku liat contoh essay yg abg buat untuk gambaran sama aku? Biar bisa berlatih2 dari sekarang. Ini emailku bang radaayupareza17@gmail.com thank you once again!

    BalasHapus
  45. halo mas, salam kenal. setelah baca dari part 1 sampe part 3 ini ceritanya sangat menginspirasi saya untuk optimis bisa bergabung sama telkom di GPTP tahun 2019 ini. mohon izin mas untuk minta essay nya sebagai referensi bisa di kirim lewat email saya septianaiman91@gmail.com atau jika diperkenankan saya boleh meminta emailnya?

    BalasHapus
  46. Saya terharu membaca dan membayangkan proses yang kakak lalui. Doakan saya juga yang ingin mengikuti jejak dengan harapan bisa mengucapkan seperti itu ke orang tua saya. Kalau boleh bang, kirimin essay kakak dong, kalau boleh, ini email saya kak, ruriweldapalensia@gmail.com

    BalasHapus
  47. Saya terharu membaca dan membayangkan proses yang kakak lalui. Doakan saya juga yang ingin mengikuti jejak dengan harapan bisa mengucapkan seperti itu ke orang tua saya. Kalau boleh bang, kirimin essay kakak dong, kalau boleh, ini email saya kak, ruriweldapalensia@gmail.com

    BalasHapus
  48. Salam kenal kak. Terimakasih sudah menuliskan pengalaman kakak disini, saya jadi tahu garis besar seleksi GPTP. Semoga saya bisa mengikuti jejak kakak dan lolos GPTP tahun ini, aamiin. Oh iya kak, jika kaka berkenan, saya minta kirimin essay kakak. Ini email saya muthia437khairunnisa@gmail.com terimakasih kak

    BalasHapus
  49. mas ixin minta essaynya dong.
    galihprayogo16@gmail.com

    trima kasih mas

    BalasHapus
  50. Assalamualaikum, kak izin minta essay nya yaahπŸ™
    jaqqihaqqiu.95@gmai

    BalasHapus
  51. Selamat ya mas atas keberhasilannya lolos seleksi GPTP Telkom. Terimakasih atas sharing pengalaman dan tips-tips nya, sangat bermanfaat. Jika boleh, saya minta essaynya ya mas ke email kartikamayas8@gmail.com

    BalasHapus
  52. Salam kenal kak, terimakasih sudah membagikan pengalaman seleksi GPTP kakak disini. Jika kakak berkenan, saya minta contoh essay untuk dijadikan referensi, ini email saya kak noviprb@gmail.com, terimakasih kakπŸ™πŸ» GBU

    BalasHapus
  53. Selamat pagi mas, selamat sebelumnya, walaupun telat hehe....
    Apakah saya boleh meminta contoh essaynya, agar bisa dijadikan referensi? Terimakasih sebelumnya, GBU

    Email : ahbts@yahoo.com

    BalasHapus
  54. Selamat pagi Mas, terima kasih sudah membagikan pengalamannya melewati tes ini. Inspiratif sekali, setidaknya membuat saya sedikit ada harapan.
    boleh saya minta contoh esainya?


    email saya: tsurayyamaknungmail.com

    terima kasih banyak

    BalasHapus
  55. Keren mas ceritanya.. Saya juga minta doa nya maes karena tgl 23-25 September ini akan mengikuti test online GPTP XI. Sama sekalian boleh minta contoh essay nya untuk jadi referensi? Terima kasih sebelumnya.. Sukses selalu mas.

    Email : rizkirfadillah@gmail.com

    BalasHapus
  56. Halo Mas. Terima kasih sudah membagikan cerita ini, setidaknya telah memberikan banyak gambaran kepada saya yang akan mengikuti tes online GPTP XI. Bolehkah saya meminta contoh essaynya sebagai bentuk referensi? Terima kasih banyak sebelumnya Mas.
    Email : arinafirdausi19@gmail.com

    BalasHapus
  57. Selamat mas keterima GPTP ke 7, klo berkenan saya boleh minta essaynya sebagai referensi. Email:daramailani.1904@gmail.com.
    Mohon doanya semoga saya sukses dalam seleksi GPTP XI seperti mas.
    Terima kasih

    BalasHapus
  58. Terima kasih kak sudah berbagi cerita yang amat memotivasi, memberikan banyak sekali pengalaman dari cerita kakak mengikuti tahapan2 tes nya..
    Jika kakak berkenan saya ingin minta contoh essaynya kak. Email saya nurdianaramadhan1@gmail.com

    BalasHapus
  59. Selamat ya mas, semoga sukses dalam karirnya di PT Telkom. Apakah boleh saya minta contoh essat GPTP 7 yg mas buat? Mudah2an bisa bermanfaat bagi saya mas untuk saya jdkan referensi saya untuk melaksakan tahapan seleksi tes di PT Telkom. Email saya hasanss1928@gmail.com Trimakasih mas atas bantuannya, semoga bisa menjadi berkah yg luar biasa buat diri mas.

    BalasHapus
  60. Selamat ya mas, semoga sukses dalam karirnya di PT Telkom. Apakah boleh saya minta contoh essat GPTP 7 yg mas buat? Mudah2an bisa bermanfaat bagi saya mas untuk saya jdkan referensi saya untuk melaksakan tahapan seleksi tes di PT Telkom. Email saya hasanss1928@gmail.com Trimakasih mas atas bantuannya, semoga bisa menjadi berkah yg luar biasa buat diri mas.

    BalasHapus
  61. Mas, anak FILKOM UB yaa... aku juga baru lulus, dan ikut GPTP Batch XI tahun ini. Saat aku baca mulai dari part 1 sampai akhir rasanya bangga anak UB bisa masuk Telkom, dan terharu juga mendengar cerita mas di akhir cerita. :') klo boleh minta contoh esaynya mas, siapa tahu nasib yang sama akan saya dapatkan. Amin. Ini email saya, tolong yaa..(loribertus@gmail.com) sukses terus kerja di Telkom. Tuhan memberkati. :)

    BalasHapus
  62. Selamat ya kak. Sangat menginspirasi pengalamannya...
    Kalau boleh saya minta izin menjadikan essay kakak sebagai referensi saya kak. Ini alamat email saya kak renitafitri4@gmail.com
    terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  63. Terimakasih kak atas pengalamannya. Boleh minta contoh esay dan bentuk soal yang lainnya kak? Thanks. Kirim ke sini kak rizkihabib38@gmail.com

    BalasHapus
  64. Terimakasih ya, karna udah sharring. Bermanfaat kok buat gambaran saya.. Hihihiw...
    Saya minta contoh essay nya.. Makasih sebelumnya..
    @reinaldojunianto87@gmail.com

    BalasHapus
  65. Halo kak. Salam kenal! Untuk referensi, saya ingin lihat essay yang kakak submit di tahap pembuatan essay GPTP 7 telkom, kalo boleh saya ingin dikirimkan ke email saya ya ya kak syarifzakydarmawan@gmail.com. Terimakasih sebelumnya kak.

    BalasHapus
  66. Haloo kaak, sangaat menginspirasi dan selamat kak, kalaau boleh saya mau minta contoh essay yang disubmit kemarin kak, terima kasih sebelumnya ini alamat email saya khairunnajmikhan@gmail.com

    BalasHapus
  67. Salam kenal kak, terimakasih untuk setiap detail ceritanya, sangat membantu untuk yang sedang mengikuti GPTP Batch XI tahun ini.
    Kalau boleh saya mau minta contoh essay nya kak, terimakasih sebelumnya.
    Email saya : sintianursasmawati29@gmail.com

    BalasHapus
  68. Terima kasih kak atas informasi yang sangat bermanfaat. Boleh tolong dikirim kak contih essaynya ke email saya sha12.snap@gmail.com. Terima kasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  69. Salam kenal kak, terimakasih sudah membagikan cerita dan pengalaman yang sangat menginsipirasi dan menambah pengetahuan saya. Alhamdulillah saya lolos seleksi tahap 1 online tes GPTP Batch IX tahun ini. Jika berkenan bolehkan saya minta contoh essay kakak sebagai bahan referensi saya dalam mengikuti tes kedepannya. Ini alamat email saya : mitarizkia96@gmail.com. Terimakasih sebelumnya dan semoga sukses selalu ya kak.

    BalasHapus
  70. Selamat siang ka, salam kenal saya Prita. Terima kasih kaka telah membagikan pengalaman kakak saat mengikuti tes di PT Telkom. Jika kakak berkenan bolehkah saya meminta contoh essay kakak sebagai bahan referensi saya? Tolong dikirimkan ke alamat email saya pritadeslia.pd@gmail.com . Best regards.

    BalasHapus
  71. Selamat Siang, terima kasih ya mas udah sharing pengalaman tes GPTP, tulisannya informatif, mengalir,& menghibur.. boleh share contoh essay-nya mas? alamat e-mail saya ini mfahmipriyatna@gmail.com, terima kasih, salam saya, Fahmi..

    BalasHapus
  72. Selamat pagi mas. Salam kenal, saya Lidya. Terima kasih mas sudah sharing semua pengalamannya. Dan boleh saya minta contoh essaynya mas? Ini alamat email saya mas lidya.puspasari77@gmail terima kasih sebelumnya ya mas

    BalasHapus
  73. Halo Mas, salam kenal. Sebelumnya terima kasih atas cerita yang sudah dibagikan, jujur semangat vibes dan feelnya nyampe, part fav saya waktu mas bilang kepada kedua orang tua untuk izin ke Bandung karena lolos, saya merinding. Seperti teman- teman lainnya yang juga berharap lolos GPTP tahun ini, sayapun demikian. Sama dengan teman-teman yang lain juga, untuk itu jika berkenan boleh saya lihat essay yang mas buat? emailku sustiansari.irina@gmail.com. that kind of you, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  74. Terharu liat tulisan di blog ini apalagi di bagian paragraf akhir sampai ga kerasa keluar air mata wkwk, terimakasih atas ilmu pengalaman yg udah dishare diblog ini sangat membantu sekali, jika berkenan bolehkah saya melihat contoh essay kakak? Terimakasih email saya isnainizia07@gmail.com

    BalasHapus
  75. Boleh minta contoh essay nya gak kak 😊😊😊😊

    BalasHapus
  76. Cerita pengalaman yang luar biasa,jika berkenan boleh kah saya melihat contoh essay nya mas, ini email saya akbarsugara76@gmail.com

    BalasHapus
  77. Selamat ya kak. Sangat menginspirasi pengalamannya...
    Kalau boleh saya minta izin menjadikan essay kakak sebagai referensi saya kak. Ini alamat email saya kak fannyramadhani18@gmail.com
    terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  78. Selamat ya kak. Sangat menginspirasi pengalamannya...
    Kalau boleh saya minta izin menjadikan essay kakak sebagai referensi saya kak. Ini alamat email saya kak fannyramadhani18@gmail.com
    terimakasih banyak :)

    BalasHapus
  79. Terharu baca dibagian akhirnya :) selamat ya kk, kalo boleh saya minta izin menjadikan essay nya sebagai referensi saya nanti kak, dan ini alamat email saya chomaliawati@gmail.com
    Terima kasih kak, suskses selalu :)

    BalasHapus
  80. Terharu baca diakhri ceritanya, selamat ya kak, sangat menginspirasi, kalo boleh saya mintai izin menjadikan essay kk sebagai referensi saya nantinya, inj alamat email saya kak
    chomaliawati@gmail.com
    Terima kasih ya kak semoga saya juga lulus batch XI ini aamiin, sukses selalu kak :)

    BalasHapus
  81. Selamat kak atas buah dari kerja kerasnya selama ini. Membacanya saja apalagi ketika menyampaikan ke orang tua bahwa kakak lulus dan menjadi bagian perusahaan luar biasa ini membuatku terharu dan merinding. Mohon bantuannya juga kak untuk essay nya sebagai panduan saya apabila dibutuhkan nantinya. Ballanjihan@gmail.com . Terimakasih kak atas perhatiannya :D

    BalasHapus
  82. halo kak keren bgt selamat yaa semoga fira bisa nyusul, boleh email essaynya kak? ke safiranurmentari@yahoo.com terimakasiih kak

    BalasHapus
  83. Wah seru banget ceritanya kak. By the way, selamat ya kak udah diterima. Kak minta essay yang dulu kakak permah tulis buat tes telkom dong. Tolong kirim ke email ini ya kak, anwarasyraf06@gmail.com, terima kasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kak saya merasa terharu dan terinspirasi serta termotivasi dengan kisah kakak apakah boleh saya minta salinan dari esay kaka email:singgihkurniawan66@gmail.com terima kasih kak sukses untuk kita semua πŸ˜ŠπŸ˜‡

      Hapus
  84. Halo kak terimakasih untuk kisah perjuangannya yang sangat memotivasi ini hehe. Saya ingin meminta ijin untuk meminta salinan dari essay kakak untuk dijadikan referensi untuk saya hehe. Email saya : nedictbay97@gmail.com. Terimakasih kak semoga sukses!

    BalasHapus
  85. Selamat kak! Perjuangan memang tak pernah menghianati hasil. Aku juga lagi dlm proses rekrutmen Telkom nih, hehe ... oh ya, boleh minta essay nya sebagai referensi kak?? Terima kasih
    Email : ranggaekaone1@gmail.com

    BalasHapus
  86. Mas boleh minta Essaynya ? buat referensi saya kedepannya. terima kasih sebelumnya blog yang sangan menginspirasi dan memotivasi saya.
    email : adwintrader@gmail.com
    terima kasih mas fondy :)

    BalasHapus
  87. Halo kak! Selamat yaa.. Terimakasih ceritanya sangat membantu dan menginspirasi.. boleh minta kirim essaynya kak buat referensi hehe :D
    Email : deasitif14@gmail.com

    BalasHapus
  88. Sore Kak.
    Trimakasih buat sharing pengalamannya, tentunya sangat menginspirasi.
    Mohon dengan kasih untuk share essay kakak untuk referensi saya.
    Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
    Email : arintoyosua@gmail.com

    BalasHapus
  89. Hallo kak salam kenal. Setelah baca" cerita kakak dri part 1 sampai terakhir jadi makin deg"an buat mempersiapkan test telkom besok. Dari oengalaman yg kaka sharing jelas bisa banget buat referensi. Kalau bolek kak saya minta contoh essay kakak yg pernah dibuat samoga bisa saya jadikan referensi. ini alamat email saya: triindriyani90@gmail.com
    terimakasih ya kak. Semoga menjadi salah 1 orang yg beruntung bsok pas test

    BalasHapus
  90. Hallo kak salam kenal. Setelah baca" cerita kakak dri part 1 sampai terakhir jadi makin deg"an buat mempersiapkan test telkom besok. Dari oengalaman yg kaka sharing jelas bisa banget buat referensi. Kalau bolek kak saya minta contoh essay kakak yg pernah dibuat samoga bisa saya jadikan referensi. ini alamat email saya: triindriyani90@gmail.com
    terimakasih ya kak. Semoga menjadi salah 1 orang yg beruntung bsok pas test

    BalasHapus
  91. Hallo kak salam kenal. Setelah baca" cerita kakak dri part 1 sampai terakhir jadi makin deg"an buat mempersiapkan test telkom besok. Dari oengalaman yg kaka sharing jelas bisa banget buat referensi. Kalau bolek kak saya minta contoh essay kakak yg pernah dibuat samoga bisa saya jadikan referensi. ini alamat email saya: triindriyani90@gmail.com
    terimakasih ya kak. Semoga menjadi salah 1 orang yg beruntung bsok pas test

    BalasHapus
  92. kak boleh minta essay kak yg pernah dibuat saat GPTP 7? semoga bisa saya jadikan referensi. ini alamat email nya : hajaribnu158@gmail.com
    terimakasih kak :)

    BalasHapus
  93. kak boleh minta essay kk yg pernah dibuat saat GPTP 7? semoga bisa saya jadikan referensi. ini alamat email nya : hajaribnu158@gmail.com
    terimakasih :)

    BalasHapus
  94. Hallo ka, saya della sdng ikut rekrutmen GPTP XII tahun ini, boleh saya minta essy yg pernah kaka buat? Semoga bisa saya jadikan referensi. Ini alamat email saya : dellarosahanifa@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya ka

    BalasHapus
  95. Terima kasih banyak kak untuk tulisan nya yang sangat berkesan. Apakah boleh aku minta essay yg kk submit di GPTP 7? Kalau boleh dan kk berkenan ini alamat email ku ya ka : alisaprnmas@gmail.com

    Semoga bisa aku jadikan referensi dan Terima kasih sebelumnya kak

    BalasHapus
  96. Bolehkah saya meminta essay sebagai referensi ?Jika boleh mohon kirim ke radenroro.herning@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  97. Siang bang, aku senang membaca blog abng tentang GPTP.. Bang tolong kirim bentuk soal atau apapun yang bisa membantu saya biar lulus GTPT.
    Ini alamat email saya : ebenraden@gmail.com
    Salam kenal

    BalasHapus
  98. Selamat siang bang, salam kenal...
    Saya senang membaca blokmu bang...
    Tolong kirim contoh soal dan hal2 yang mendukung buat tes GTPT bang...
    Email : ebenraden@gmail.com
    Salam kenal

    BalasHapus
  99. Selamat siang bang..
    Aku senang baca pengalaman tes GPTP mu bang... Tolong kirim contoh soal dan hal yang mendukung tes GPTP bang
    Emailku :ebenraden@gmail.com

    BalasHapus
  100. Selamat siang bang..
    Aku senang baca pengalaman tes GPTP mu bang... Tolong kirim contoh soal dan hal yang mendukung tes GPTP bang
    Emailku :ebenraden@gmail.com

    BalasHapus
  101. Kak, saya baru mellihat blog kaka setelah saya lulus tahap administrasi GPTP, boleh dong tolong kirimkan contoh soal dan tips tips lulus tes GPTP nya ke emailku, thanks :")
    Emailku: putridianlestari9i@gmail.com

    BalasHapus
  102. Kak, terima kasih sebelumnya karena tulisan kakak sangat bermanfaat untuk saya yang baru pertama mengikuti rekrutmen GPTP. Mohon share hasil essay kakak sebagai referensi saya ke email berikut ya kak. terima kasih banyak
    nimas.alfianita@gmail.com

    BalasHapus
  103. Selamat sore kak, terima kasih atas sharing pengalamannya yang sangat menginspirasi, boleh minta essaynya sebagai referensi untuk saya ikut seleksi GPTP kak? ini email saya kak auliasiva22@gmail.com terima kasih banyak kak

    BalasHapus
  104. Asalamualaikum kak.,trimaksih sharingnya kak sangat bermanfaat sekali kak., kak boleh minta essay nya sebagai referensi GPTP tidak kak? alya.laras171@gmail.com email saya kak

    BalasHapus
  105. Wah kak makin deg-degan setelah ngeliat pengalaman kakak menjalani semua tahapan seleksinya, dan alhamdulillah bisa nemu blog ini jadi tau persiapan apa aja yang bisa saya lakukan. Jika berkenan, boleh kak saya minta essay yang kakak sebutkan sebelumnya sebagai referensi ? ini email saya kak yaser.rizkyh@gmail.com. Terima kasih sebelumnya ya kak, sangat bermanfaat pengalamannya.

    BalasHapus
  106. Hai, Kak Frondy. Tulisanmu berkesan banget, aku sampe greget sediri bacanya :)) Oh iya, Kak, would you mind to share the essay you mentioned before (rh26rizky@gmail.com)?
    Thank you for sharing your experience too :))

    BalasHapus
  107. Hallo Kak Frondy, luar biasa sekali pengalaman sebuah perjuangan yang menemui titik baik pada akhirnya ya kak. Seneng banget bacanya bener-bener sejelas itu kakak ceritain dari awal sampai akhir. Sangat ngebantu banget. Jika berkenan, aku minta tolong buat share essay'nya ya kak. Ini email saya kak (sandyyuanita36@gmail.com) Terimakasih :)

    BalasHapus
  108. Assalamualaikum, perjuangannya begitu menegakangkan tapi membuahkan hasil. Jika berkenan, saya minta refrensi essay nya ka. Ini email saya risdaangraeni@gmail.com terimakasih:)

    BalasHapus
  109. Assalamualaikum, perjuangannya begitu menegakangkan tapi membuahkan hasil. Jika berkenan, saya minta refrensi essay nya ka. Ini email saya risdaangraeni@gmail.com terimakasih:)

    BalasHapus
  110. Pagi mas Frondy, saya Albizar Ghiffary. Senang sekali sekaligus bangga dengan mas. Semoga saya juga bisa mengikuti jejak mas Frondy yang percaya akan proses dan keyakinan. Maaf mas, kalo sekira tidak merepotkan, bolehkah saya juga melihat essay yang dibuat oleh mas Frondy? Sebagai bahan pembelajaran saya untuk tes di Telkom ini.
    Terimakasih..
    Email: albizarghi5@gmail.com

    Salam kenal,
    Albizar Ghiffary

    BalasHapus
  111. Selamat Pagi Mas Frondy, perkenalkan nama saya Fatin. Terima kasih sudah berbagi cerita pengalamannya. Bangga dan terharu untuk semua tahapan rekrutmennya. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kemudahan, kelancaran serta kesehatan.
    Jika diizinkan dan tidak merepotkan, apakah diizinkan apabila saya melihat essay yang dibuat oleh Mas Frondy ?
    email : fatinurahma@gmail.com

    Salam,
    Fatin Nur Rahma

    BalasHapus
  112. Perjuangannya panjang banget ya mas, tp terbayar..
    Mas saya juga minta izin buat lihat essay yg mas bikin. maaf kalau merepotkan dan terima kasih sebelumnya πŸ™πŸ™
    Email : nabilaalyags@gmail.com

    BalasHapus
  113. boleh share mas essaynya mungkin bisa jadi panutan nantinya

    BalasHapus
  114. Assalamualaikum kak,perjuangannya panjang ya kak. Tapi alhamdulillah hasilnya sesuai apa yg diinginkan.
    Kalo boleh minta dong kak eassy nya, tolong kirim ke cicijanayatiturisiaputri@gmail.com
    TQ Kak hehe..

    BalasHapus
  115. Salam kenal mas .saya joko purnomo saya terkesan sekaligus bangga sama tulisan masnya dengan keyakinan dan doa yang kuat berbuah hasil yang bagus. Mohon bisa minta esaynya mas agar bisa menjadi referensi saya nantinya kirimkan ke Jokopur331@gmail.com. Terimakasih ya mas hi

    BalasHapus
  116. Halo mas salam kenal sangat inspiratif kisah nya hehe jadi makin semangat. Apa boleh minta contoh essay nya ke email ridafitrahmuhtari20@gmail.com makasih :)

    BalasHapus
  117. Halo mas salam kenal, kisah nya sangat inspiratif banget jadi tambah semangat hehe kalo boleh minta contoh essay nya untuk bahan referensi kirim ke email ridafitrahmuhtari20@gmail.com makasih ;)

    BalasHapus
  118. Halo mas kisah nya sangat inspiratif jadi tambah semangat hehe. Kalo boleh minta essay untuk jadi bahan referensi email : ridafitrahmuhtari20@gmail.com

    BalasHapus
  119. Terimakasih atas sharing pengalamannya mas. Sngat bermanfaat bg yg ingn mngikuti tes. Klo berkenan minta tolong berbagi essaynya mas sebgai bhan referensi di email : muh.amin1711@gmail.com.
    Terimakasih.. Sukses slalu.

    BalasHapus
  120. Terimakasih atas sharingnya mas. Sngat bermanfaat bgi yg mau ikut tes. Jika berkenan. Mnta tlong shar essaynya mas sbgai bhan referensi. Email : muh.amin1711@gmail.com
    Terimakasih. Dan sukses slalu

    BalasHapus
  121. Halo Kak. Terima kasih sudah sharing pengalamannya yang bermanfaat, setidaknya memberikan gambaran untuk saya yang akan mengikuti tesGPTP XII. Bolehkah saya meminta contoh essaynya sebagai bentuk referensi?
    Ini email saya alviancendy98@gmail.com
    Terima kasih kak

    BalasHapus
  122. Asalamualaikum kak.,trimaksih sharingnya kak sangat bermanfaat sekali kak., kak boleh minta essay nya sebagai referensi GPTP. Email saya kak umrotulmahfudoh23@gmail.com

    BalasHapus
  123. Asalamualaikum kak.,trimaksih sharingnya kak sangat bermanfaat sekali kak., kak boleh minta essay nya sebagai referensi GPTP. Email saya kak umrotulmahfudoh23@gmail.com

    BalasHapus
  124. Terharu kak sama kisahnya😭
    Sangat menginspirasi sekali..
    Bolehkah saya minta essay kakak sebagai referensi GPTP kak? Ini email saya kak : eduintankf@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya kak. Sukses selaluπŸ™

    BalasHapus
  125. Selamat malam kak, keren banget ceritanya, tulisan kakak membuat saya merasakan suasananya. Saya pun termotivasi untuk mendaftar di rekrutmen telkom kak, jika berkenan bolehkah saya minta essay kakak sebagai referensi? email saya muhammadkiranb@gmail.com

    Terima kasih kak, sukses selalu

    BalasHapus
  126. Sangat bagus kak cerita pengalamannya, suasanya dapat banget. Jadi saya sedang mengikuti rekrutmen telkom fresh graduate 2021 kak, bolehkah saya minta essay kakak sebagai referensi? email saya muhammadkiranb@gmail.com

    Terima kasih kak.. sukses selalu yaa

    BalasHapus
  127. Hallo kak salam kenal, tulisan nya bermanfaat sekali terima kasih banyak!! Apa boleh lihat essay kakak sbg referensi kak? Kebetulan saya lagi ikut telkom scout, ini email saya melanrltfh@gmail.com
    Terima kasih banyakk sebelumnyaa

    BalasHapus
  128. Hallo kak salam kenal, tulisan nya bermanfaat sekali terima kasih banyak!! Apa boleh lihat essay kakak sbg referensi kak? Kebetulan saya lagi ikut telkom scout, ini email saya melanrltfh@gmail.com
    Terima kasih banyakk sebelumnyaa

    BalasHapus
  129. Hallo kak salam kenal, tulisan nya bermanfaat sekali terima kasih kak!! Apa boleh saya lihat essay kakak sbg referensi? Kebetulan saya lagi ikut telkom scout, ini email saya melanrltfh@gmail.com
    Terima kasih banyak sebelum nya ya kakk sukses selaluu

    BalasHapus
  130. Shalom kak. Terima kasih udah mau cerita, ini sangat membantu sekaligus membuat terharu. Pengen ikuti jejak kakak. Kebetulan saya juga sedang mengikuti proses rekrutmen telkom fresh graduated 2021, boleh saya minta essay kakak sebagai referensi? Email saya @panjaitanyessi1997@gmail.com

    Terimakasih kak. Sukses selalu.
    Tuhan yesus memberkati

    BalasHapus
  131. Gak nyesel baca ceritanya dr part 1-3. Sangat inspiratif.
    Kak boleh saya minta essaynya. Tolong kirim ke email ini ridhaanugerahputra@gmail.com

    BalasHapus
  132. Minta essaynya kak. ridhaanugerahputra@gmail.com

    BalasHapus
  133. Hy kak Salam kenal, Tulisan kakak sangat bermanfaat sekali, makasih sebelumnya.
    Kebetulan saya juga sedang mengikuti proses rekrutmen telkom fresh graduated 2021, bolehkah minta essay kakak untuk referensi? Email saya @renigalingging6@gmail.com
    Thanks kak.

    BalasHapus
  134. Hy kak salam kenal, tulisan kakak sangat menginspirasi dan bermanfaat sekali. Bolehkah saya minta essay kakak sebagai referensi? terimahkasih sebelumnya kak. Email saya @renigalingging6@gmail.com

    BalasHapus
  135. Hy kak salam kenal, tulisan kakak sangat menginspirasi dan bermanfaat sekali. Bolehkah saya minta essay kakak sebagai referensi? terimahkasih sebelumnya kak. Email saya. ajiichwanul.putra@gmail.com

    BalasHapus